Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Cara Paling Ampuh Memperpanjang Usia Baterai Smartphone

Smartphone jaman sekarang diciptakan untuk memenuhi semua kebutuhan penggunanya. Mulai dari bersosialisasi, menunjang pekerjaan, hingga untuk menikmati berbagai hiburan sepertibermain game atau menonton video. Terang saja, spesifikasi dan fitur smartphone yang terus berkembang membuat kita tak bisa jauh-jauh dari smartphone.
Kecenderungan menggunakan smartphone secara berlebihan pun semakin besar. Selain bisa mengakibatkan kecanduan smartphone, umur baterai menjadi pendek. Kamu engga mau dong sampai smartphone kamu rusak gara-gara performa baterai menurun. Dilansir dari Tech Insider, berikut JalanTikus berikan cara untuk memperpanjang usia baterai smartphone.


Cara Paling Mujarab Memperpanjang Usia Baterai Smartphone

jangan charge sampai penuh
Kebanyakan pengguna smartphone berpendapat, bahwa mengisi baterai yang baik adalah tunggu hingga baterai hampir habis dan mengisi sampai penuh. Ternyata metode tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut pemilik produsen baterai Codex, melalui websitenya Battery University mengatakan bahwa metode tersebut justru bakal mempersingkat umur baterai lithium-ion. Terus bagaimana cara memperpanjang usia baterai Android yang benar?

1. Jangan Biarkan Terlalu Lama Smartphone Terhubung dengan Charge

Jangan Biarkan Terlalu Lama Smartphone Terhubung dengan Charge
Kecenderungan melakukan charge terlalu lama secara terus menerus, justru bakal merusak baterai. Pasalnya baterai jenis lithium-ion ini memiliki semacam stress, yang jika secara terus menerus terjadi pada akhirnya akan mempersingkat umur baterai.
Ketika baterai sudah terisi sampai 100%, baterai tetap akan menyedot energi dalam jumlah kecil agar tetap terjaga dalam kondisi 100%. Perilaku inilah yang membuat baterai terus bekerja keras dan menimbulkan semacam stress pada proses kimiawi di dalam baterai.

2. Tidak Perlu Tunggu Sampai Baterai Hampir Habis dan Tidak Harus Mengisi Penuh 100%

Tidak Perlu Tunggu Sampai Baterai Hampir Habis dan Tidak Harus Mengisi Penuh 100%
Mentang-mentang kamu kerja dalam ruangan, kamu sengaja menghubungkan smartphone kamu ke listrik seharian. Jika kamu sering melakukan kebiasaan seperti itu, sebaiknya kamu harus berhenti. Pasalnya menurut Battery University, baterai jenis lithium-ion yang tertanam pada banyak smartphone saat ini sangat tidak dianjurkan diisi secara penuh.
Karena proses pengisian dari 0% hingga 100%, itu sangat membuat bahan-bahan kimia di dalam baterai bekerja sangat keras. Jadi, kamu engga perlu lagi terpaku sama kebisaan mengisi penuh baterai smartphone yang memakan waktu lama.

3. Charge Smartphone Bisa Kapan Saja dan Secukupnya

Charge Smartphone Bisa Kapan Saja dan Secukupnya
Smartphone sangat kita butuhkan dalam aktivitas sehari-hari dan melakukan charge adalah sesuatu yang menyebalkan. Apa lagi jika harus menunggu dari baterai hampir kosong sampai terisi penuh. Fakta bahwa smartphone tak mampu bertahan seharian memang menyedihkan.
Ya, kamu tak harus menunggu baterai hampir habis lagi untuk mengisi baterai, kalau sekiranya sudah di bawah 40% kamu bisa melakukan charge. Sesuaikan saja, kalau mau pergi bisa diisi hingga 90-100%. Kamu juga bisa memanfaatkan power bank saat di luar, cukup isi hingga 80%.

4. Pastikan Temperatur Smartphone Tetap Dingin

temperatur smartphone tetap dingin
Baterai smartphone sangat sensitif terhadap panas, terutama saat melakukan charge. Tak apa kita berhenti sejenak dan melakukan aktivitas lainnya. Jangan gunakan smartphone saat di-charge, apa lagi untuk bermain game.
Ketika tidak di-charge saja smartphone cepat panas ketika digunakan untuk bermain game, karena prosesor kerja keras apalagi ketika sambil di-charge? Pastikan juga, kamu melepas case smartphone jika temperatur smartphone kamu tinggi agar panas bisa menyebar dengan cepat. Menjaga temperatur tempat dingin, merupakan cara untuk memperpanjang usia baterai smartphone.
Itu 4 cara memperpanjang usia baterai smartphone Android. Sekarang kamu mungkin menganggap bahwa apa yang terjadi di smartphone Android kamu jauh lebih menarik. Namun, jangan sampai kamu mengacuhkan orang-orang di kehidupan nyata hanya karena asyik bermain dengan smartphone kamu ya. Apa pendapat kamu?