Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

3 Hal Yang WAJIB Kamu Ketahui Sebelum Membeli Earphone Baru

Ketika membeli ponsel baru, pasti akan disertai dengan pemberian earphone gratis, bukan? Namun, earphone gratis ini kadang memiliki kualitas yang rendah dan tidak akan bertahan lama. Dan ketika earphone itu rusak, kamu pasti akan pergi untuk membeli yang baru. Bagaimanakah caranya untuk mengetahui mana earphone terbaik untuk perangkat kamu?
Pelanggan saat ini biasanya mendasarkan keputusan pembelian earphone mereka dari tiga faktor: desain, harga, dan merek. Bener nggak? Pertama, mereka melihat penampilan earphone secara keseluruhan. Apakah terlihat stylish? Apakah warna sesuai selera mereka? Kedua, mereka memeriksaharga produk. Apakah itu sesuai dengan anggaran mereka? Adakah barang yang lebih murah untuk kualitas yang sama? Dan ketiga, merek. Apakah merek terkenal di industri? Apakah dipercaya oleh banyak pengguna?
Ternyata selain kategori di atas, masih ada beberapa pertimbangan untuk memutuskan mana earphone terbaik yang bisa kamu beli.


3 Hal Yang WAJIB Kamu Ketahui Sebelum Membeli Earphone Baru

1. Spesifikasi

masukkan deskripsi gambar disini
Jadi bagaimana kamu bisa tahu apakah produk itu baik atau tidak? Karena kamu kan tidak dapat mencoba earphone sebelum membeli. Jadi, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah memeriksa spesifikasi dari produk dalam kemasannya. Jika kamu belanja online, maka pastikan bahwa kamu melihat ke dalam rincian produk dengan hati-hati. Berikut adalah spesifikasi teknis yang kamu harus periksa ketika memilih earphone:
  • Impedance - Pada dasarnya, semakin tinggi impedansi perangkat, arus tegangan yang mengalir akan berkurang. Untuk mencapai daya maksimum, dan dalam hal ini, kualitas suara terbaik, salah satunya yaitu harus sesuai dengan impedansi dari sumber ke impedansi dari earphone.
  • Sensitivity - Untuk mendengarkan musik yang aman, kamu harus memilih earphone terbaik dengan tingkat sensitivitas mid-range. Jika kamu memilih sensitivitas high-range, dan hanya dengan volume suara setengah persen, lama kelamaan telinga kamu akan mengalami kerusakan.
  • Frequency Response - Diukur dalam hertz (Hz), ini mengacu pada rentang frekuensi audio earphone bisa mengulang. Mengetahui respon frekuensi headphone dapat membantu kamu memilih perangkat yang tepat jika kamu ingin mendengarkan jenis musik tertentu. Misalnya, jika kamu ingin mendengar musik dengan aliran bass, maka kamu harus mencari earphone dengan frekuensi bass rendah.
  • Drivers - Berfungsi untuk menciptakan suara dalam perangkat kamu. Jadi semakin kuat/besar drivernya, maka suara yang keluar akan semakin berkualitas. Driver juga dapat meningkatkan bass, mid dan treblesesuai dengan aliran musik tertentu.

2. Perfect Fit

masukkan deskripsi gambar disini
Tidak semua earphone terbaik bisa cocok telinga kita. Faktor-faktor seperti bentuk telinga dan desain earphone yang berbeda-beda. Dengan demikian, menemukan Earphone yang baik dan sesuai dengan telinga kamu adalah hal yang penting. Earphone yang buruk hanya akan menyakiti telingamu setelah beberapa menit menggunakannya terutama bagi orang yang memiliki telinga luar yang sensitif.
Saya sarankan membeli earphone dengan nestle lembut di lubang telingamu. Sebagian besar dari mereka memiliki bantalan karet yang tidak melukai seperti plastik. Ada juga pilihan lain yang mungkin lebih nyaman seperti earphone khusus yang dilengkapi kiat busa, dan bantalan custom-molded (berubah-ubah) sesuai bentuk telinga kamu.

3. Jenis dan Keunggulan

masukkan deskripsi gambar disini
Earphone memiliki bentuk dan ukuran yang bermacam-macam untuk berbagai keperluan. Kamu harus memilih jenis yang akan sesuai dengan kebutuhan kamu, tergantung pada jenis aktivitas yang akan kamu lakukan. Misalnya, jika kamu menggunakannya untuk jogging, earphone dengan Secure Fit adalah pilihan terbaik. Sebaliknya, jika kamu hanya ingin mendengarkan musik yang bagus, maka kamu harus memilih earphone dengan spesifikasi yang berkualitas. Berikut adalah beberapa jenis earphone:
  • Sound Isolation - Earphone ini berfungsi untuk memblok suara-suara lain di sekitar sehingga kamu menikmati musik yang kamu dengarkan. Sangat sempurna bagi kalian yang sering berada di lalu lintas atau di tempat-tempat ramai.
  • Noise Cancellation - Berbeda dengan Sound Isolation yang memisahkan musik dari suara latar belakang, Noise Cancellation bekerja untuk memblokir segala jenis kebisingan di lingkunganmu. Mustahil kamu dapat mendengarkan suara apapun dari luar, dan dapat membiarkan kamu tertidur di lingkungan yang bising.
  • Sweat Resistant - Apakah kamu sering mendengarkan musik ketika sedang jogging atau di Gym? Jika benar demikian, maka kamu harus memilih Sweat Resistant earphone. Earphone ini dibangun terutama untuk memblokir kelembaban dari keringat.
  • Bluetooth - Jenis-jenis earphone ini terhubung ke perangkat kamu menggunakan teknologi Bluetooth. Mereka menawarkan kebebasan besar terutama jika kamu melakukan olahraga atau aktivitas yang memerlukan banyak gerakan.
Mungkin beberapa tips di atas dapat membantu kamu dalam memilih earphone yang berkualitas dan sesuai dengan diri kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!